Tips Menentukan Lokasi Strategis Membangun Rumah Walet

Tips Menentukan Lokasi Strategis Membangun Rumah Walet

Lokasi paling cocok untuk membangun gedung/ rumah walet. Penentuan lokasi terbaik untuk gedung burung walet ini sangat berpengaruh tidak hanya pada kuantitas sarang walet yang dihasilkan tetapi juga “kualitas” sarang waletnya.

Sarang yang kuantitas dan kualitasnya baik hanya bisa dihasilkan dari
gedung/ rumah walet yang nyaman untuk perkembangbiakan walet tersebut.

Oleh sebab itu, sebelum kita belajar banyak menentukan lokasi gedung walet yang disukasi walet terlebih dahulu. Lokasi yang bagus untuk mendirikan rumah walet adalah:

A. Lokasi Sentra Walet
Daerah sentra walet adalah daerah yang sedikitnya terdapat lima gedung walet dengan populasi burung yang cukup banyak. Gedung walet yang populasinya sudah padat akan memaksa walet-walet di dalamnya untuk pindah ke gedung lain untuk bersarang dan berkembang biak.

Gedung yang dipilih untuk berpindah adalah gedung yang berdekatan dengan gedung asalnya. Ini sesuai dengan sifat walet sebagai burung hidup berkoloni. Bagi burung-burung tersebut, meskipun membuat sarangnya di gedung lain, yang penting tetap dapat berdekatan dan bergabung dengan
koloninya dalam mencari pakan setiap hari. Karena itu, membangun gedung baru di lokasi sentra walet memiliki peluang yang cukup besar untuk juga ditempati burung walet.


B. Lokasi lintasan walet
Daerah lintasan merupakan daerah atau lokasi yang dilintasi walet secara rutin untuk mencapai daerah tempat berburu serangga. Suatu daerah dapat disebut sebagai daerah lintasan jika pada pagi dan sore hari terlihat banyak burung melintas terbang di lokasi itu.

Jadi, daerah lintasan walet walet terletak di antara daerah sentra burung dan daerah tempat burung mencari makan setiap harinya. Dengan demikian, daerah lintasan adalah jalur terbang walet sehari–hari, baik pergi maupun pulang. Jika diamati lebih jauh, rute terbang walet selalu tetap, tidak berubah. Walet, seperti burung lain, terbang berdasarkan kebiasaan dan naluri.

Berdasarkan jumlah walet yang melintasinya, terdapat tiga kategori daerah lintasan.

Lintasan kecil : Daerah ini dilintasi walet pada pagi dan sore hari dengan frekuensi rata-rata sekitar 5 ekor per menit.

Lintasan sedang : Daerah ini dilintasi walet ada pagi dan sore hari dengan frekuensi rata-rata sekitar 20 ekor per menit.

Lintasan besar : Daerah ini dilintasi walet pada pagi dan sore hari dengan frekuensi rata-rata di atas 30 ekor per menit.

Dari skema tersebut terlihat peluang yang cukup besar untuk membangun gedung baru di daerah lintasan besar. Lokasi tersebut merupakan jalur utama walet pergi dan pulang dari sentra ke daerah buruan.

Tinggalkan komentar